Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Karya Foto Kamu Go Internasional? Ayo Ikuti Kontes Wiki Cinta Alam Indonesia 2021

REPUBLIKPOST.COM - Sebagai wujud kepedulian dan bentuk komitmen dalam menjaga seluruh warisan alam, Wikimedia Commons coba menetaskan kontes Wiki Cinta Alam Indonesia 2021 dengan tema berupa bentang alam, flora dan fauna, hingga objek di area yang masuk kawasan dilindungi.

Melansir dari laman commons.wikimedia.org, kompetisi Wiki Cinta Alam Indonesia 2021 secara umum mempertandingkan karya hasil foto dengan view pemandangan pada kawasan cagar alam, suaka margasatwa, hutan lindung, dan taman hutan raya (tahura).


Pegunungan Ol Doinyo Lengai dan Danau Empakaai. Sumber : Wikimedia Commons.

"Alam merupakan tempat untuk makhluk hidup berkembang biak dan menciptakan sebuah ekosistem yang tidak terpisahkan antar makhluk hidup. Saat ini, alam mengalami perubahan ekosistem karena adanya pemanasan global dan banyaknya pembangunan. Kemajuan pembangunan yang pesat dalam perekonomian serta kelalaian manusia dalam menjaga alam menyebabkan banyak makhluk hidup flora dan fauna punah," demikian tulis sayembara itu.

Masih mengutip pengumuman tersebut, untuk sepuluh besar foto pemenang yang telah diputuskan dewan juri akan turut disertakan pada kompetisi tingkat internasional. Dalam perhelatan global itu akan ada dua kategori yang dipertarungkan yakni, landscape dan macro/close-up.

Adapun ketentuan yang harus dipatuhi peserta lomba meliputi:

  • Foto adalah hasil karya sendiri. Foto milik orang lain meskipun dengan izin akan didiskualifikasi
  • Foto dapat berupa bentang alam, flora, fauna atau objek lainnya selama berada di area yang dilindungi di seluruh Nusantara
  • Peserta harus mengunggah sendiri foto ke situs Wikimedia Commons selama masa kompetisi
  • Foto yang diunggah harus berlisensi CC BY-SA 4.0
  • Foto yang diunggah tidak boleh memuat tanda air atau watermark
  • Ukuran foto minimal dua megapiksel (2 MP)
  • Resolusi minimal 150 dpi dengan sisi terpanjang minimal 2000 pikels
  • Metadata foto harus dipertahankan. Mohon tidak menghapus metadata
  • Setiap foto yang diunggah harus dilengkapi deskripsi singkat. Pastikan deskripsi sesuai dengan gambar yang akan dikirimkan.
"Wikimedia Indonesia tidak memaksa Anda untuk berpergian dalam kondisi pandemi COVID-19. Anda dapat mengikutsertakan foto yang pernah diambil sebelumnya," tegas pengumuman tersebut.

Noblest Flyer Philippine Eagle. Sumber : Wikimedia Commons

Selanjutnya, terdapat sejumlah aspek yang menjadi pertimbangan dewan juri dalam memberikan penilaian, di antaranya ialah karya foto yang akan diikut sertakan. Selain itu, deskripsi yang diberikan terkait penjelasan objek dan lokasi gambar diabadikan juga masuk aspek penilaian. Peserta juga diminta memberikan nama dokumen atau file sesuai dengan foto. Pemberian nama dokumen secara asal-asalan tidak disarankan, misalnya DSC-0033. Karya foto yang akan diikutkan dalam lomba boleh memuar titik koordinat yang ditentukan sebelum mengunggah foto bersangkutan.

Kompetisi Wiki Cinta Alam Indonesia 2021 bertajuk "Unggahan fotomu merupakan wujud tempat kita tinggal dan warisan masa depan!" ini akan berlangsung selama periode 1 hingga 31 Mei 2021 mendatang dan terbuka untuk seluruh masyarakat umum. Bagi anda yang tertarik untuk turut serta memeriahkan lomba tersebut, bisa langsung mengunggah karya lomba melalui link berikut ini. Sebagai catatan, sebelum mengupload foto peserta harus bergabung dengan Wikimedia Commons dan membuat akun pada url berikut ini.

Posting Komentar untuk "Ingin Karya Foto Kamu Go Internasional? Ayo Ikuti Kontes Wiki Cinta Alam Indonesia 2021"