Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tangis Warga Pecah, Rumah Mereka Jadi Korban Amukkan si Jago Merah

REPUBLIKPOST.COM, KOTA BANJARMASIN – Tangis beberapa warga pecah, setelah rumah mereka menjadi korban amukkan si jago merah. Air mata tampak terus-terusan mengucur hingga membasahi pipi mereka.

Salah seorang kerabat korban, Ariyati (31) menceritakan kala kejadian dirinya berada di rumah sang suami. Tiba-tiba ia mendapat panggilan telepon dari adiknya yang mengabarkan bahwa seisi rumahnya sudah ludes jadi arang.

Mendapat kabar itu, Ariyati sontak langsung berangkat menuju tempat tinggal adiknya yang berada di Jalan RE. Martadinata Gang Proklamasi RT 27 RW 13, Kelurahan Telawang, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin.

Saat tiba di sana, ia langsung mencoba menenangkan sang adik yang terus menangis hingga sesenggukan. Pelukan erat terus ia berikan, sembari sesekali mengelus kepala adiknya dengan salah satu telapak tangan.

“Saya tadi di rumah suami, tiba-tiba ditelpon adik. Kebakaran katanya sambil menangis. Saya langsung berangkat dan memang rumah beserta isinya habis semua,” tuturnya saat dijumpai Republikpost.com, Jumat (8/10/2021) siang.

Kebakaran di Banjarmasin
Kebakaran hebat melanda kawasan permukiman padat di Jalan RE. Martadinata Gang Proklamasi RT 21 RW 03, Telawang, Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin. Foto/Republikpost.com

Dari penjelasan Ariyati, kebakaran hebat itu disinyalir kuat akibat hubungan arus pendek listrik dari salah satu rumah warga.

“Iya, tadi kabarnya ada korsleting listrik. Karena rumah di sini hampir tidak ada jarak, jadi api cepat membesar,” lanjutnya.

Pantauan di lokasi kebakaran, memang rata-rata bangunan yang menjadi korban keganasan si jago merah berbahan material kayu. Selain itu, jarak antar satu bangunan dengan bangunan lainnya hampir tidak ada.

Petugas pemadam kebakaran juga sempat mengaku kewalahan, lantaran akses jalan yang sangat sempit ditambah sumber air sulit dijangkau. Beruntung, hujan seketika mengguyur kawasan tersebut. Asap hitam yang sebelumnya membumbung di langit juga telah mulai memutih.

Kebakaran terjadi di Banjarmasin
Sedikitnya lima bangunan beserta isi ludes menjadi arang. Foto/Republikpost.com

Meski begitu, air terus disemprotkan oleh para relawan guna mencegah kebakaran kian membesar dengan merambat bangunan yang berada di sekitarnya.

Informasi sementara yang berhasil dihimpun, kebakaran hebat yang terjadi sedikitnya menghanguskan lima unit rumah serta dua bedakan masing-masing tiga pintu pada dua rukun tetangga (RT) di kawasan tersebut.

Hingga pukul 15.00 WITA, para korban kebakaran masih tampak kalang kabut mengais harta benda yang masih tersisa di antara puing bangunan.

Data lengkap korban kebakaran berdasarkan informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, sebagai berikut:

RT 27 Kelurahan Telawang
  • Abdurrahman, 1 KK 5 jiwa (100 persen)
  • Muhtar Lufti, 1 KK 8 jiwa (100 persen)
  • Sari, 1 KK 6 jiwa (100 persen)
  • Saiful, 1 KK 6 jiwa (100 persen)
  • Mustafa, 1 KK 1 jiwa (100 persen)
RT 21 Kelurahan Telawang

Bedakan 3 pintu
  • Aman, 1 KK 2 jiwa (100 persen)
  • Meri, 1 KK 3 jiwa (100 persen)
  • Arfah, 1 KK 3 jiwa (100 persen)
Bedakan 3 pintu
  • Mulyadi 1 KK 4 jiwa (80 persen)
  • Ferdian, 1 KK 5 jiwa (80 persen)
  • Aher, 1 KK 1 jiwa (50 persen). (rp)

Posting Komentar untuk "Tangis Warga Pecah, Rumah Mereka Jadi Korban Amukkan si Jago Merah"