Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Taliban Kuasai Ibu Kota Kabul, AS Mengaku Salah Perhitungan

REPUBLIKPOST.COM - Pemerintah Amerika Serikat mengakui bahwa mereka salah perhitungan sehingga Taliban dapat dengan cepat merebut Kabul dan menguasai Istana Kepresidenan Afghanistan.

"Faktanya adalah kita melihat bahwa pasukan (pemerintah Afghanistan) itu tak mampu membela negara. Dan itu terjadi lebih cepat dari yang kami perkirakan," ujar Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken dilansir dari CNN.

Detik-detik kekacauan di Bandara Internasional, Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan pasca pasukan Taliban menduduki istana kepresidenan. Foto/Tangkapan layar video Independent.co.uk

Sebelumnya, Presiden AS, Joe Biden serta pejabat senior di pemerintahannya memprediksi Taliban perlu lebih banyak waktu untuk bisa menguasai Afghanistan.

Namun ternyata, hanya dalam waktu 10 hari setelah Taliban menaklukkan kota strategis Afghanistan, mereka kemudian sukses menduduki Ibu Kota Kabul.

Terhitung sejak penarikan pasukan pada Mei lalu, kelompok itu hanya butuh waktu dua bulan untuk mengambil alih Afghanistan.

Kini, Amerika Serikat hanya bisa berjuang menjaga keamanan warganya  dengan mengerahkan total 6.000 tentara untuk mengamankan proses evakuasi dari Afghanistan. (rp/*)

Posting Komentar untuk "Taliban Kuasai Ibu Kota Kabul, AS Mengaku Salah Perhitungan"