Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HORE! Seluruh Wilayah Kalsel Bebas Zona Merah

REPUBLIKPOST.COM – Kabar baik untuk warga Banua, per Rabu (9/1/21) hari ini, seluruh kawasan yang ada di Kalimantan Selatan terbebas dari status zona merah Covid-19.

Berdasarkan data yang dilansir dari laman covid19.go.id, 13 kabupaten/kota dinyatakan telah masuk ke dalam zona oranye atau berisiko sedang.

Adapun 13 kabupaten/kota itu meliputi Balangan, Banjar, Barito Kuala, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Kotabaru, Tabalong, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Tapin, Banjarbaru serta Banjarmasin.

Sedangkan, secara keseluruhan status zona merah saat ini hanya tersisa 15 kabupaten/kota yang tersebar masing-masing di Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali dan Aceh.

“Peta zonasi risiko daerah dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan,” dikutip dari keterangan dalam laman tersebut.

Giat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV di Banjarmasin. Foto/Republikpost.com

Dirincikan bahwa penilaian zonasi untuk setiap wilayah dilakukan berdasarkan sederet indikator misalnya indikator epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat ataupun pelayanan kesehatan.

Dalam pemetaan risiko daerah, Satuan Gugus Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 pusat juga menghimpun data yang bersumber dari surveilans Kementerian Kesehatan, data rumah sakit online di bawah koordinasi Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan hingga data yang dikirimkan oleh Pusdatin Kementerian Kesehatan.

“Hasil perhitungan dikategorisasi menjadi 4 zona risiko yaitu: zona risiko tinggi dengan skor 0 - 1.80; zona risiko sedang 1.81 - 2.40; zona risiko rendah 2.41 - 3.0; zona tidak terdampak dan zona tidak ada kasus,” terang dari laman Covid19.go.id.

13 kabupaten/kota di Kalsel terbebas dari zona merah. Foto/Covid19.go.id

Meminjam data dari Satgas Penanganan Covid-19, Rabu (1/9/2021) pukul 12.00 WIB, tercatat ada penambahan 10.337 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir. Penambahan itu menyebabkan total kasus Covid-19 di Indonesia saat ini mencapai 4.100.138, terhitung sejak kasus pertama diumumkan pada 2 Maret 2020 lalu.

Sementara untuk pasien yang dinyatakan sembuh jumlahnya mencapai 16.394 kasus. Dengan demikian, total kasus sembuh Covid-19 menyentuh angka 3.776.891. Kemudian, terdapat sebanyak 653 pasien Covid-19 yang dinyatakan meninggal dunia pada periode 31 Agustus - 1 September, sehingga jika diakumulasikan angka kematian akibat Covid-19 mencapai 133.676 jiwa. (rp)

Posting Komentar untuk "HORE! Seluruh Wilayah Kalsel Bebas Zona Merah"