Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Layanan Besuk Belum Dibuka, Lapas Banjarbaru Sediakan Komputer Bagi Napi

REPUBLIKPOST.COM, KOTA BANJARBARU – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru masih meniadakan layanan besuk secara offilne atau tatap muka. Kebijakan itu mengingat belum adanya instruksi langsung dari pusat untuk kembali membuka layanan secara normal.

Meski dilarang, pihak Lapas tetap menyediakan alternatif atau opsi lainnya bagi para narapida yang menjalani masa tahanan agar bisa menjalin komunikasi bersama pihak keluarga maupun kerabat terdekat.

Narapidana video call bersama keluarga
Ilustrasi. Narapidana diberi kesempatan untuk video call bersama keluarga atau kerabat dekat. Foto/Istimewa/Net

"Kami sudah menyiapkan komputer agar para napi bisa tetap melakukan komunikasi dengan keluarganya," ungkap Kalapas Kelas IIB Kota Banjarbaru, Amico Balalembang melalui Kasi Binadik, Septyawan Kuspriyo Pratomo saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (17/11/21).

Hingga kini, diketahui Lapas Banjarbaru telah menyiapkan sedikitnya enam unit komputer yang akan digunakan oleh warga pemasyarakatan binaan (WBP) untuk melakukan video call bersama keluarga mereka masing-masing.

Dalam pelaksanaannya, setiap narapidana akan diberikan jatah waktu maksimal, sehingga penggunaan komputer dapat dilakukan secara bergantian.

"Saat ini itu dulu alternatif untuk komunikasi secara langsung antara napi dan keluarganya," tuturnya.

Selain layanan video call, seluruh WBP di Lapas Banjarbaru kini juga rutin diarahkan untuk melakukan senam maupun olahraga pada setiap pagi hari.

"Ini kami lakukan agar mereka tidak stres dan juga salah satu pencegahan agar mereka tidak melakukan sesuatu yang tidak diinginkan," tuntas Septa. (rp)

Posting Komentar untuk "Layanan Besuk Belum Dibuka, Lapas Banjarbaru Sediakan Komputer Bagi Napi"