Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ratusan Mahasiswa UT Banjarmasin Ikuti Wisuda

REPUBLIKPOST.COM, KOTA BANJARMASIN  Pandemi Covid-19 tak menjadi penghalang bagi Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Banjarmasin untuk menghelat prosesi wisuda. Meski hanya berlangsung secara terbatas, wisuda kali ini tetap berlangsung khidmat dan penuh makna.

Tercatat, sedikitnya ada ratusan mahasiswa yang menjalani wisuda. Mereka merupakan pelajar dari berbagai fakultas yang ada di UT Banjarmasin.

Wisuda UT Banjarmasin
UPBJJ-UT Banjarmasin melaksanakan wisuda secara virtual, Selasa (30/11/21). Foto/Republikpost.com

Dalam pelaksanaan wisuda kali ini, tiga mahasiswa turut hadir secara langsung di Gedung UPJBB-UT Banjarmasin Jalan Sultan Adam No.128, Kelurahan Surgi Mufti, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Salah seorang lulusan UT Banjarmasin, Tri Purwati menyampaikan dirinya berhasil mengukuhkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 3,66, usai menempuh pendidikan selama hampir 4,5 tahun.

Menurutnya, perkuliahan yang ditawarkan UT Banjarmasin cukup fleksible. Meski harus menjadi ibu rumah tangga (IRT) sekaligus guru honorer, tetap bisa mengikuti pembelajaran.

“Kita tetap bisa mengikuti pembelajaran meski harus menjalani aktivitas padat,” ujar perempuan yang sebelumnya menempuh pendidikan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ini.

Selain mendapat pembekelan melalui modul, ia juga mengaku sangat mudah menerima materi yang disampaikan lewat tutorial pembelajaran. Dalam tutorial itu, sambungnya, mahasiswa juga bisa secara langsung mengajukan pertanyaan kepada tenaga pengajar.

“Menurut saya, kuliah itu investasi kita. Ini merupakan modal kita, setidaknya bisa mendidik anak kita ke depannya. Karena kuliah itu penting dan wajib,” tuntasnya.

Terpisah, Direktur Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Banjarmasin, Ir. Mochamad Priono, M.Si., menyebutkan bahwa situasi pandemi Covid-19 tak menjadi penghalang untuk melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Menurutnya, wabah virus corona tak boleh sampai menghentikan proses belajar termasuk pada perguruan tinggi.

“Kita tak boleh terpaku karena adanya pandemi ini. Kami UT Banjarmasin menjamin pembelajaran tetap bisa berlangsung dengan memanfaatkan kemajuan teknologi,” cetusnya.

Direktur UT Banjarmasin

Priono juga memastikan, pembelajaran di UT Banjarmasin tetap bisa ditempuh para mahasiswa sekalipun disibukkan dengan berbagai aktivitas, termasuk pekerjaan. Sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Nusantara, UT menawarkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh, sehingga tetap memberikan kesempatan terutama warga yang menetap di daerah pelosok.

“Jangan sampai kita kehilangan momen untuk meningkatkan SDM. UT menawarkan sistem jarak jauh sehingga tetap bisa berkuliah,” tutupnya. (rp)

Posting Komentar untuk "Ratusan Mahasiswa UT Banjarmasin Ikuti Wisuda"