Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desa di Kecamatan Karang Intan Borong Penghargaan Nasional

REPUBLIKPOST.COM, KABUPATEN BANJAR – Sejumlah desa yang ada di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar memborong empat penghargaan sekaligus di tingkat nasional pada 2021.

Penghargaan tersebut masing-masing berasal dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Kesehatan, Kementerian Industri, dan terakhir Kementerian Desa dan Transmigrasi.

Adapun desa yang mendapatkan penghargaan yakni Desa Mandikapau Barat, Desa Mandikapau Timur, Desa Awang Bangkal Barat. 

Camat Karang Intan, Muhammad Ilmi mengatakan, beberapa desa memenangkan penghargaan tersebut dikarenakan mereka mampu bersinergi serta menjalankan program yang berkesinambungan dengan pemerintah pusat.

Desa Mandikapau Barat dapat penghargaan
Jajaran Desa Mandikapau Barat saat menerima penghargaan secara online dari Kementerian KLHK. Foto/Istimewa

Seperti Desa Mandikapau Barat, mereka mendapatkan penghargaan dari Kementerian KLHK karena mampu menjadikan Kampung Iklim, dan penghargaan dari Kementerian Kesehatan karena mampu menjadikan kampung terbebas dari jamban apung.

Sedangkan, untuk Desa Mandikapau Barat mendapat apresiasi dari Kementerian Desa karena mereka berhasil meluncurkan produk air Mineral Dalam Kemasan (AMD) yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Selain itu, pada 2030 mendatang desa tersebut juga ditargetkan menjadi desa tanpa kemiskinan.

"Untuk Desa Awang bangkal barat juga nantinya akan ditetapkan menjadi Desa Pelaksanaan Pemerintahan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, oleh Kementerian Desa," tuturnya.

Jalan salah satu desa di Karang Intan
Jalan salah satu desa di Kecamatan Karang Intan,Kabupaten Banjar. Foto/Republikpost.com

Ilmi melanjutkan, selain itu pihaknya juga pada tahun 2022 akan membuat website untuk semua desa yang ada di Kecamatan Karang Inta guna keterbukaan dan transparansi pengelolaan pemerintahan desa.

"Semoga dengan adanya website ini kami bisa bersinergi lebih baik lagi ke depannya,” tandasnya. (rp)

Posting Komentar untuk "Desa di Kecamatan Karang Intan Borong Penghargaan Nasional"