Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penuhi Stok Plasma Konvalesen, Lanal Banjarmasin Gelar Donor Serentak

REPUBLIKPOST.COM – Berbagai upaya untuk menekan angka kasus positif Covid-19 terus ditunjukkan Lanal Banjarmasin. Tak hanya Serbuan Vaksinasi, mereka juga menggelar kegiatan donor plasma konvalesen serentak se Kalimantan Selatan.

Dari total 84 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, 63 di antaranya dinyatakan lolos menjalani tes screening. Para peserta itu datang dari berbagai kalangan mulai keluarga besar TNI AL, masyarakat pesisir serta perwakilan unsur TNI – Polri.

“Kami ucapkan terimah kasih atas antusias warga pesisir yang mau donor darah untuk bisa bersama - sama membantu pemulihan kesehatan di Tanah Air akibat dampak dari wabah Covid-19,” kata Pjs. Kepala Balai Pengobata Lanal Banjarmasin, Mayor Laut (K/W) dr. Meutia Indrasakti, Kamis (12/8/21) kemarin.

Lanal Banjarmasin melaksanakan donor plasma konvalesen serentak. Foto/Humas Lanal Banjarmasin

dr. Meutia menerangkan, hasil donor plasma konvalesen tersebut nantinya akan didistribusikan terlebih dahulu kepada Palang Merah Indonesia (PMI), sebelum kembali disuntikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Adapun persyaratan bagi peserta yang ingin mengikuti donor plasma konvalesen di antaranya berusia 18 hingga 60 tahun, berat badan minimal 55 kilogram, serta diutamakan berjenis kelamin laki-laki atau bagi perempuan yang belum pernah hamil.

Lalu, peserta  pernah terinfeksi atau menjadi penyintas Covid-19 dengan memperlihatkan bukti surat keterangan dari fasilitas kesehatan. Calon pendonor juga harus melampirkan surat sembuh, tidak memilik gejala selama 14 hari terakhir dan tidak menerima transfusi darah dalam 90 hari terakhir.

“Donor plasma konvalesen termasuk metode terapi tambahan yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh kepada pasien Covid-19 yang sedang dirawat, tindakan ini bertujuan untuk pasien yang berjuang untuk sembuh. Bagi pendonor yang lolos screening akan melaksanakan donor plasma konvalesen dengan menggunakan mesin Apheresis,” beber dr. Meutia.

Terpisah, Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan perintah langsung dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., sebagai upaya memenuhi ketersediaan donor plasma konvalesen untuk PMI di seluruh Tanah Air.

“Lanal Banjarmasin berinisiatif mengajak masyarakat untuk bersama mendonorkan darah guna membantu saudara-saudara kita yang membutuhkannya. Karena dengan memberikan setetes darah maka akan menyelamatkan kehidupan sesama,” ujarnya.

Ia juga menekankan kepada seluruh masyarakat Banua untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ketat serta mengurangi mobilitas di luar rumah agar meminimalisir potensi penularan virus corona.

“Tetap jaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai yang anjuran pemerintah,” tuntasnya. (rp)

Posting Komentar untuk "Penuhi Stok Plasma Konvalesen, Lanal Banjarmasin Gelar Donor Serentak"