Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aksi Kemanusiaan ala Pemuda Pancasila – Indika Foundation

REPUBLIKPOST.COM – Hadir sejak awal-awal pandemi mendera, keberadaan Gugus Tugas Nasional (GTN) Task Force Kemanusiaan PPKM Covid-19 yang digagas Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila sedikit banyaknya telah memberikan dampak positif. Terutama, dalam pemulihan sektor yang diterjang efek domino akibat pandemi.

Berkolaborasi bersama Indika Foundation, kini GTN Task Force Kemanusiaan PPKM Covid-19 telah memiliki satuan relawan yang tersebar hingga 13 titik di sejumlah wilayah Nusantara seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan serta Sulawesi.

Dengan mengandalkan para relawan sebagai ujung tombak, Satgas ini diketahui sudah menyalurkan ratusan ribu paket sembako terhadap masyarakat yang terdampak langsung secara ekonomi.

Melalui gerakan itu, mereka juga aktif membagikan jutaan masker, hand sanitizer serta gencar menyemprotkan cairan disinfeksi ke sejumlah permukiman masyarakat. Seleret upaya itu dilakukan untuk mendukung program 3M pemerintah dalam meminimalisir penyebaran Covid-19.

 Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional (MPN) Pemuda Pancasila (PP), KPH Japto Soelistyo Soerjosoemarno saat melepas simbolis bantuan paket sembako. Foto/Istimewa

Teranyar, memasuki semester II 2021, GTN Pemuda Pancasila bersama Indika Foundation turut mendirikan sentra vaksinasi di sejumlah kabupaten/kota terutama yang masih menyandang status zona merah.

“Target kita, tiga belas daerah yang menjadi titik fokus kegiatan GTN ini segera memenuhi kriteria herd immunity. Salah satu caranya adalah dengan menggenjot jumlah penerima vaksin di daerah-daerah yang ditentukan,” kata Sekretaris Jenderal GTN Task Force Kemanusiaan PPKM Covid-19, Arif Rahman dilansir dari laman pemuda-pancasila.or.id, Selasa (31/8/21).

Selain memobilisasi seluruh kader PP, Arif mengaku akan membuka pintu selebar-selebarnya bagi para komponen bangsa, tak terkecuali BUMN maupun perusahaan yang ingin turut andil mengoptimalkan gerakan kemanusian ini.

“Kami terbuka untuk kolaborasi kemanusiaan dengan pihak masa saja. Apakah itu CSR perusahaan ataupun rekan-rekan Ormas Pemuda di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Seruan itu bukan tanpa alasan, karena menurutnya, upaya masif yang digalang MPN PP bersama Indika Foundation masih tergolong dalam skala kecil, apabila harus disandingkan dengan tingkat nasional.

Ia pun berharap GTP Task Force Kemanusiaan PPKM Covid-19 mampu menjadi role kolaborasi antara swasta/BUMN, pemerintah dan Ormas Pemuda untuk bergotong-royong menghadapi situasi sulit yang masih berlangsung hingga sekarang.

“Kami berharap gerakan yang kecil ini mampu menginspirasi gerakan kolaborasi kemanusiaan nasional yang lebih besar, masif dan terstruktur,” tuntasnya.

Melansir wikipedia.org, Organisasi Pemuda Pancasila telah berdiri sejak 1981 silam dengan dikomandoi oleh Japto Soerjosoemarno. Per 2012 lalu, tercatat jumlah anggota yang bergabung mencapai 3 juta lebih.

Sementara, Indika Foundation yang didirikan pada 15 Februari 2017, merupakan corporate foundation di bawah naungan PT Indika Energy Tbk. Mereka berkomitmen kuat merawat semangat toleransi, membangun karakter bangsa serta menyebarluaskan pendidikan perdamaian hingga ke pelosok-pelosok Nusantara.

“Kami bergerak sesuai dengan Indika corporate values, yaitu integritas, prestasi, kesatuan dalam keragaman, kerjasama, dan tanggung jawab sosial,” dikutip dari indikafoundation.org. (rp)

Posting Komentar untuk "Aksi Kemanusiaan ala Pemuda Pancasila – Indika Foundation"