Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Banjir Kalteng Belum Surut, DMC Dompet Dhuafa Dirikan Dapur Umum

REPUBLIKPOST.COM – Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa mendirikan dapur umum di Desa Tumbang Runen, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

Dapur umum yang didirikan sejak 10 September itu sedikitnya telah menyalurkan makanan siap saji kepada 300 korban banjir yang terpaksa mengungsi.

Selama memenuhi kebutuhan bagi pengungsi, para relawan DMC Dompet Dhuafa saling bergotong royong bersama masyarakat sekitar.

"Kita bagikan pada 300 pengungsi serta seratus bungkus untuk warga desa yang masih bertahan di lokasi banjir," kata salah satu relawan DMC Dompet Dhuafa, Bagoes Firmansyah kepada Republikpost.com, Jumat (17/9/2021).

Banjir Kalteng belum surut
 Bersama masyarakat, Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa distribusikan makanan untuk korban banjir di Desa Tumbang Runen. Foto/Istimewa

Firman bilang, hingga kini permukiman warga di Tumbang Runen masih terendam banjir dengan ketinggian berkisar 50 sampai 100 cm. Bahkan, saat mereka baru tiba di lokasi, banjir sempat mencapai 2 meter.

Karenanya, ia menyarankan bagi relawan lain yang hendak menyalurkan bantuan bisa langsung menuju posko pengungsian via jalur darat. Sedangkan, untuk mengakses desa tersebut hanya dapat dilakukan dengan menaiki perahu motor.

"Untuk ke desanya harus lewat kapal, karena berada di seberang sungai.   Sementara sungai dan tanah desa sama tingginya," tuturnya.

Relawan DMC salurkan makanan
Relawan DMC juga salurkan makanan kepada warga yang memilih bertahan di rumah mereka. Foto/Istimewa

Sementara, Kepala Desa Tumbang Runen, Kai Remeng menyampaikan terima kasih kepada seluruh relawan DMC Dompet Dhuafa yang rela menetap sementara waktu, guna membantu meringankan beban masyarakat sekitar.

"Mewakili seluruh masyarakat, saya sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada relawan DMC Dompet Dhuafa," katanya.

Untuk diketahui, para relawan DMC Dompet Dhuafa memang kerap terlibat dalam aksi sosial tanggap darurat. Termasuk, saat Kalimantan Selatan dilanda musibah serupa awal 2021 tadi, mereka segera memberikan respon cepat dengan membantu korban yang tengah mengungsi. (rp)

Posting Komentar untuk "Banjir Kalteng Belum Surut, DMC Dompet Dhuafa Dirikan Dapur Umum"