Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PPKM, Pedagang Kecil Mengaku Tercekik

REPUBLIKPOST.COM – Ditengah kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), para pedagang kecil kian merasa tercekik. Dalam situasi ini, rata-rata dari mereka mengaku untuk balik modal saja harus bersusah payah, belum lagi memikirkan soal perut dan menjaga dapur sehingga tetap ngebul.

Tak sedikit dari mereka yang harus tersisihkan dan gulung tikar. Beberapa lainnya memilih banting setir serta sisanya lagi memutuskan mencari pemasukan tambahan, demi bertahan pada situasi yang serba tidak pasti.

"Dulu pendapatan saya dalam sehari bisa mencapai satu hingga dua juta. Kini mengantongi seratus ribu saja sudah syukur," kata salah satu pedagang pakaian di Pasar Batuah Martapura, Salmiyah (40), Sabtu (4/9/2021).

Kebijakan PPKM dinilai beratkan para pedagang kecil
Ilustrasi. Suasana di salah satu pasar tradisional di Indonesia. Foto/Pexels.com/Christian Wong

Biasanya, Salmiyah mampu menghabiskan puluhan lembar pakaian dalam setiap hari. Namun, sejak pandemi mendera keuntungan besar dari penjualan rupanya hanya angan-angan semata.

Kini ia pun harus memutar otak dengan menjajal profesi lain agar menambah kran pemasukan. Seluruh pendapatan sampingan tersebut kemudian dipergunakan untuk bertahan hidup bersama sang keluarga.

"Jadi sembari saya berjualan pakaian, saya juga menjajakan kue. Dari hasil jual kue tersebut bisa digunakan untuk makan bersama dengan keluarga," ujarnya dengan nada lirih.

Selama menjalani pekerjaan, ia tegas menyebut tak keberatan jika harus berkutat dengan protokol kesehatan. Namun, dirinya menolak keras jika kebijakan pengetatan aktivitas harus kembali diperpanjang.

Tak banyak yang diminta, Salmiyah hanya menaruh harapan besar agar pemerintah dapat memberikan kebijakan yang mampu meringankan nasib para pedagang kecil seperti dirinya.

"Kalau bisa cukup dengan memperketat protokol kesehatan saja agar pelanggan tidak takut untuk datang ke pasar. Sehingga kami juga tidak menderita seperti ini," pintanya. (rp)

Posting Komentar untuk "PPKM, Pedagang Kecil Mengaku Tercekik"