Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puncak Dies Natalis ke-37, UT Optimis Mampu Menjawab Segala Tantangan Ditengah Pandemi

REPUBLIKPOST.COM – Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. K. H. Ma'ruf Amin meminta Universitas Terbuka agar terus meningkatkan kualitas dan berinovasi, sehingga mampu mencetak generasi unggul yang mampu menghadapi berbagai tantangan.

"Saya mendorong Universitas Terbuka untuk terus meningkatkan kualitas dan berinovasi sejalan dengan kemajuan teknologi informasi," kata Ma’ruf Amin dalam acara Peringatan Dies Natalis Ke-37 Universitas Terbuka yang disiarkan melalui tayangan Zoom.

Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. K. H. Ma'ruf Amin
Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. K. H. Ma'ruf Amin memberikan sambutan dalam Puncak Peringatan Acara Dies Natalis ke-37 Universitas Terbuka. Foto/Tangkapan layar YouTube UT TV

Disisi lain, apresiasi datang dari Ketua MPR RI, H. Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A., yang menyebut bahwa UT telah memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan bangsa melalui pendidikan terbuka serta metode jarak jauh.

“Ditengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19, UT tetap hadir dengan berbagai inovasi. Semoga dengan bertambahnya usia, UT tetap mampu melahirkan generasi penerus yang berpendidikan,” pintanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Terbuka, Prof. Odat Darojat, M.Bus., Ph.D., mengklaim pihaknya telah melahirkan beragam terobosan dalam peningkatan kualitas akademi UT di antaranya layanan tutorial webinar, platform layanan pembelajaran jarak jauh, serta sistem ujian online berbasis web yang bisa diikuti mahasiwa saat menempuh ujian tugas akhir selama masa pandemi.

“Kami mengemban misi utama untuk membuka akses pendidikan tinggi berkualitas bagi semua lapisan masyarakat yang disimbolkan dengan kredo kita ‘making higher education open to all,” beber Prof. Odat Darojat, M.Bus., Ph.D.

Peringatan yang dibalut dengan tema ‘Membangun SDM Unggul Melalui Digital Learning Eco System’ tersebut juga menandai berakhirnya Disporseni Nasional UT 2021.

Dalam ajang itu setidaknya terdapat 16 cabang lomba yang dipertandingkan meliputi Seni Suara, Seni Tari, Seni Foto, Pidato, Puisi, MTQ, MC, Kisah Inspiratif, Poster Edukasi, Catur, Tiktok Edukasi, Video Pendek, Debat Bahasa Indonesia, Debat Bahasa Inggis, esport hingga Inovasi TI.

Pada kegiatan ini turut dilakukan penyerahan piagam rekor MURI untuk tiga kategori kepada UT yaitu perguruan tinggi dengan alumni terbanyak, perguruan tinggi dengan jangkauan layanan terluas dan perguruan tinggi dengan lulusan terbanyak yang lulus seleksi CPNS formasi 2019.

Dirut Universitas Terbuka Banjarmasin
Dirut UT Banjarmasin ikuti Peringatan Puncak Dies Natalis Universitas Terbuka ke-37 secara daring. Foto/Republikpost.com

Terpisah, Dirut UT Banjarmasin, Ir. Mochamad Priono, M.Si., meminta seluruh masyarakat di Banua, khususnya para pelajar yang baru menyelesaikan bangku SMA agar tidak patah semangat meski situasi pandemi Covid-19 masih mendera.

Sebab, lanjutnya, Universitas Terbuka sebagai penyedia layanan pendidikan tinggi berbasis TI mampu menjawab segala persoalan yang sedang dihadapi saat ini.

“Jangan disituasi pandemi seperti ini jadi tidak bersemangat. Kami siap melayani adik-adik lulusan SMA untuk mewujudkan cita-cita meneruskan pendidikan tinggi,” tegasnya kepada sejumlah awak media, usai mengikuti Acara Puncak Peringatan Dies Natalis UT ke-37 secara daring dari UPBJJ-UT Jalan Sultan Adam, Kota Banjarmasin.

Sekadar informasi, pada Sabtu (4/9/2021) hari ini, Universitas Terbuka telah genap berusia 37 tahun. UT sendiri merupakan perguruan tinggi ke-45 di Nusantara yang sudah lahir sejak 4 September 1984 silam.

Meski digelar terbatas, Peringatan Puncak Dies Natalis tetap terasa istimewa dengan kehadiran sederet pejabat tinggi di Ibukota. Sementara, para pegawai, mahasiswa UT dan perwakilan PTN/PTS baik dalam negeri maupun mancanegara mengikuti rangkaian acara secara daring.

Dalam kegiatan itu turut dilakukan juga penandatanganan MoU antara Universitas Terbuka dengan PT Arutmin Indonesia Tambang Satui untuk beasiswa dan pembukaan SALUT. (rp)

Posting Komentar untuk "Puncak Dies Natalis ke-37, UT Optimis Mampu Menjawab Segala Tantangan Ditengah Pandemi"