Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UPDATE CPNS 2021: Berikut Jadwal SKD Kemenkumham

REPUBLIKPOST.COM – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) kini sudah menapaki tahapan baru yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Andap Budhi Revianto mengumumkan jadwal SKD bakal berlangsung  sejak 19 September hingga 31 Oktober 2021. 

“Panitia telah menetapkan pelaksanaan SKD Kemenkumham mulai 19 September hingga 31 Oktober 2021 nanti,” tutur Andap di Jakarta, belum lama tadi.

Update CPNS Kemenkumham 2021
Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kemenkumham 2021 bakal berlangsung 19 September hingga 31 Oktober mendatang. Foto/dok. Kemenkumham

Dengan adanya kepastian pelaksanaan SKD, para peserta seleksi CPNS diminta untuk memperhatikan jadwal serta lokasinya, baik pelamar non-SLTA maupun SLTA.

Bagi pelamar non-SLTA, lokasi ujian sesuai dengan pilihan pelamar pada saat pendaftaran. Sementara lokasi ujian bagi pelamar SLTA ialah sesuai wilayah formasi jabatan yang dipilih. 

“Jangan sampai miss, jangan sampai salah, karena akan merugikan diri sendiri. Misalnya pelamar SLTA formasi jabatan penjaga tahanan di Aceh, maka seluruh tahapan tes dilaksanakan di Aceh,” jelasnya.

Penetapan jadwal SKD Kemenkumham itu sendiri terbilang sedikit lebih lama dibanding beberapa instansi lainnya. Sebab, Kemenkumham harus mempertimbangkan tingginya jumlah pendaftar CPNS sehingga membutuhkan koordinasi dan persiapan yang lebih panjang.

Selain itu, rekrutmen CPNS dilakukan serentak sehingga penggunaan lokasi tes harus dilakukan secara bergilir oleh semua instansi.

Selama menunggu jadwal tes, Andap juga meminta peserta seleksi CPNS agar memanfaatkan waktu yang ada untuk belajar semaksimal mungkin.

“Masih ada waktu sampai pelaksanaan tes, ini menjadi kesempatan bagi peserta untuk lebih mempersiapkan diri. Manfaatkan waktu ini dengan baik,” tambahnya lagi.

Update seleksi CPNS Kemenkumham 2021
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Andap Budhi Revianto. Foto/dok. Kemenkumham

Pada pelaksanaan SKD 2021, Kemenkumham akan menggandeng BKN dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Sistem tersebut dipilih untuk menjamin transparansi hasil tes serta menghindari adanya kecurangan.

Disisi lain,melalui sistem CAT, masyarakat juga bisa memantau skor peserta secara real time.

Sekadar informasi, sebanyak 317.629 peserta yang lolos seleksi administrasi berhak melaju pada tahap SKD CPNS Kemenkumham. Secara rinci, jumlah tersebut terdiri dari 281.546 peserta SLTA sederajat dan 36.083 peserta Non SLTA. (rp)

Posting Komentar untuk "UPDATE CPNS 2021: Berikut Jadwal SKD Kemenkumham"