Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapkan SDM Unggul, Universitas Terbuka - Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Bersinergi

REPUBLIKPOST.COM, BANJARMASIN – Guna mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul dan berdaya saing tinggi, Universitas Terbuka menjalin sinergi bersama Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Kolaborasi dua perguruan tinggi ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara Rektor Universitas Terbuka, Prof. Drs. Ojat Darojat, M. Bus., Ph.D., dan Rektor Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Prof. Dr. H. Ahmad Khairuddin, M. Ag.

Secara rinci, kerja sama keduanya juga terajut antar Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Terbuka (UT), dengan Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB).

"Kerjasama pada tingkat fakultas ini dalam rangka meningkatkan kualitas layanan akademik mahasiswa terutama dalam kegiatan Tutorial Webinar (Tuweb) atau Tutorial Tatap Muka (TTM)," ujar Odat Darojat yang hadir secara virtual dari Jakarta, Indonesia, Jumat (24/9/2021) siang.

Universitas Terbuka jalin kerja sama
Rektor Universitas Terbuka, Prof. Drs. Ojat Darojat, M. Bus., Ph.D. Foto/Tangkapan layar YouTube UT TV
Dirinya menuturkan, penyelenggaraan Tuweb dan Praktik Studio Program Studi S-1 PWK FST-UT merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar mengajar untuk memantapkan pengetahuan mahasiswa terhadap materi mata kuliah melalui aplikasi, analisis, sintesis, serta evaluasi teori.

Tak hanya di dalam kelas, namun juga melalui jaringan maupun praktik berencana dengan melakukan excise langsung ke lapangan.

Odat mengatakan, jalinan hubungan ini merupakan langkah awal dan tak menutup kemungkinan bakal merambah pada kerja sama bentuk lainnya seperti pelaksanaan MBKM, penelitian bersama ataupun penyelenggaraan seminar.

"Diharapkan dapat saling mendukung proses pembelajaran terutama mata kuliah studio di masing-masing prodi dan kolaborasi riset inovasi masa depan," harapnya.

Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
Penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara UT bersama UMB. Foto/Republikpost.com

Direktur UT Banjarmasin, Ir. Mochamad Priono, M.Si., membeberkan alasan memilih Universitas Muhammadiyah Banjarmasin sebagai salah satu mitra tak lain karena memilik kesamaan pada program studi yang ditawarkan.

Selain itu, menurutnya, UMB juga merupakan perguruan tinggi yang mempunyai prospek bagus dengan dukungan sumber daya manusia serta fasilitas mumpuni lainnya.

“Kita juga menawarkan ke UMB apabila ingin memanfaatkan kuliah secara daring, sistem informasi (learning management system) kita bisa pakai sama-sama,” katanya kepada jurnalis Republikpost.com di gedung UPBJJ-UT Banjarmasin Jalan Sultan Adam, Kota Banjarmasin.

Senada, Rektor UMB, Prof. Dr. H. Ahmad Khairuddin, M. Ag., menyatakan siap memberikan pendampingan kepada mahasiswa UT Banjarmasin saat melakukan praktik di lapangan.

Disisi lain, pihaknya juga ingin belajar lebih jauh ihwal penyediaan pembelajaran jarak jauh yang sudah lebih dulu diterapkan Universitas Terbuka.

“Di era milenial ini UT sudah leading (terkemuka, red). Inilah kesempatan kita untuk belajar lebih banyak dalam memberikan pembekalan yang baik dan maksimal kepada seluruh mahasiswa kita,” ujarnya.

Dua perguruan tinggi Banjarmasin berkolaborasi
Kembangkan mata kuliah studio, UMB berkolaborasi bersama UT. Foto/Republikpost.com

Pada kegiatan PKS yang dibalut silaturahmi itu turut dilakukan penyerahan cinderamata oleh Rektor UT diwakili Direktur UT Banjarmasin kepada Rektor UMB. Serta, antara Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UT diwakili Direktur UT – Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UMB.

Selain itu juga dilakukan penyerahan medali Disporseni Nasional UT 2021 kepada sejumlah perwakilan dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM), serta penghargaan juara 1 lomba Master of Ceremony (MC) untuk kontingen UT Banjarmasin, Miranti Mardhatillah. (rp)

Posting Komentar untuk "Siapkan SDM Unggul, Universitas Terbuka - Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Bersinergi"