Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terganjal SK, Bantuan Ratusan Ribu Bibit Tak Berjalan Mulus

REPUBLIKPOST.COM, KALIMANTAN SELATAN – Penyaluran bantuan bagi para kelompok pembudidaya yang tersebar di Kalimantan Selatan rupanya tak dapat berjalan mulus. Sebab, Dinas Kelautan dan Perikanan masih harus menunggu surat keputusan (SK) dari Gubernur Kalsel, sebelum nantinya bantuan ratusan ribu bibit itu diserahkan.

Sejumlah bantuan yang masih terganjal itu meliputi bibit udang windi, ikan kakap serta rumput laut. Rencananya, bibit-bibit itu akan diberikan kepada kelompok budidaya di Kabupaten Tanah Bumbu serta Kabupaten Kotabaru.

“Kita seharusnya sudah berikan udang windu sebanyak 224 ribu bibit kepada kelompok budidaya di Tanah Bumbu. Rumput laut kepada tiga kelompok, dua kelompok di Kotabaru dan satu di Tanah Bumbu. Masing-masing rencananya menerima sekitar 500 kg,” ungkap Kepala Bidang Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan, Wahdah kepada Republikpost.com, Sabtu (23/10/2021) kemarin.

Bantuan bibit ikan kakap putih
Ilustrasi. Bantuan bibit ikan kakap putih masih belum bisa tersalurkan. Foto/Kementerian Kelautan dan Perikanan

Lalu, terkait besaran dana anggaran yang bakal dikucurkan, Wahdah mengaku tak mengetahui secara detail lantaran terjadi beberapa perubahan dalam perencanaan. Misalnya, pembelian bibit ikan kakap putih yang seharusnya didatangkan dari lokal, namun justru terpaksa dibeli dari Sumatera.

Dilain sisi, dari ribuan kelompok budidaya yang ada di Bumi Lambung Mangkurat, bantuan dari pemerintah provinsi hanya mampu mencakup sekitar 10 kelompok dikarenakan keterbatasan dana akibat refocusing.

 "Dari ribuan kelompok pembudidaya yang ada di Kalimantan Selatan cuman ada berkisar 7 kelompok yang dapat bantuan, ini dikarenakan adanya refocusing anggaran," terangnya.

Kendati demikian, beberapa bantuan lainnya seperti bibit ikan bandeng telah dikirimkan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel kepada tiga kelompok pembudidaya yang tersebar di dua kabupaten/kota.

Khusus di Barito Kuala terdapat dua kelompok yang menerima bibit tersebut, rinciannya 230 ribu bibit untuk setiap kelompok. Kemudian, di Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 285 ribu ekor bibit bandeng untuk satu kelompok.

Selain bibit, tiga kelompok budidaya tadi juga menerima bantuan pakan ikan gratis. Untuk di Batola, mereka diberikan masing-masing 120 kilogram pakan ikan. Sedang, di Tanbu menerima seberat 160 kilogram.

“Untuk bantuan bibit saja jika diuangkan besarnya mencapai Rp100 juta,” tandasnya. (rp)

Posting Komentar untuk "Terganjal SK, Bantuan Ratusan Ribu Bibit Tak Berjalan Mulus"