Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Antisipasi Kebakaran, Penghuni Lapas Banjarbaru Dibekali Pelatihan

REPUBLIKPOST.COM, KOTA BANJARBARU – Baru-baru tadi, para warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang menghuni Lapas Kelas IIB Kota Banjarbaru dibekali pelatihan dini untuk mengatasi musibah kebakaran yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Dalam pelatihan itu, pihak Lapas Kelas IIB Banjarbaru turut menggandeng petugas berkompeten dalam bidang pemadaman kebakaran atau Damkar. Tak hanya meningkatkan kemampuan, pemberian pelatihan dasar itu dilakukan juga untuk mengasah ketangkasan, baik WBP maupun seluruh petugas Lapas yang ada.

Selain memberi pelatihan, pihak Lapas juga telah melakukan pemeriksaan secara intens terhadap beberapa jalur instalasi listrik bersama dengan pihak PLN wilayah Kalseteng.

"Ini semua kita lakukan untuk memastikan bahwa tidak ada masalah pada saluran listrik di dalam lapas. Memang saat pengecekan kita tidak menemui jalur listrik atau kabel yang rusak, semuanya aman saja," ungkap Kepala Lapas Kelas II Banjarbaru, Amico Balalembang melalui Kepala Kesatuan Pengamanan, Nicky Shimboha di ruang kerjanya, Jumat (15/10/2021).

Lapas Kelas IIB Banjarbaru berikan pelatihan memadamkan kebakaran
Penghuni Lapas Kelas IIB Banjarbaru dibekali pelatihan dasar untuk memadamkan kebakaran. Foto/Republikpost.com

Dituturkan Nicky, seragam upaya lain juga terus dilaksanakan pihaknya. Salah satunya, yaitu melakukan pengawasan terhadap seluruh WBP dengan intens dan ketat.

Pihaknya pun tak segan bakal menjatuhi sanksi tegas serta terukur terhadap narapidana yang kedapatan menyalahgunakan aliran listrik. Misalnya, dipergunakan untuk memasak mie instan maupun sekadar memanaskan air.

"Jika ada narapidana yang ketahuan melakukan tindakan berbahaya, maka akan diberi sanksi. Baik, remisi yang tidak diberikan atau lainnya. Tergantung kesalahan apa yang mereka perbuat," terangnya.

Bak pepatah sedia payung sebelum hujan, pihak Lapas Kelas IIB Banjarbaru juga sudah mempersiapkan sejumlah fasilitas serta peralatan keselamatan pertama bagi seluruh petugas. Terutama, apabila terjadi musibah kebakaran. Sehingga, seluruh penghuni dan penjaga dapat meminimalisir potensi yang mengancam nyawa mereka.

"Kami juga suda ada alat pemadam api ringan atau APAR. Dalam waktu dekat ini, kemungkinan juga Lapas Banjarbaru akan mendapatkan ambulan gratis," tuntasnya. (rp)

Posting Komentar untuk "Antisipasi Kebakaran, Penghuni Lapas Banjarbaru Dibekali Pelatihan"